expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 21 November 2014

Untuk mengungkapkan pemberian barang atau jasa.

Sekarang di kelas belajar  bab-10 Untuk mengungkapkan pemberian barang atau jasa.
Formula :     D wa L ni sswt o ageru/sashi ageru ( memberi barang dari D ke L)
                    D wa L ni swt o kk bent- te ageru ( memberi jasa dari D ke L)
                    L wa D ni sswt o kureru/ kudasaru ( memberi barang dari L ke D)
                    L wa D ni sswt o kk bent-te kureru/kudasaru ( memberi jasa dari L ke D)

  1.     Apakah anda telah memberi dia(lk) kamus? = Anata wa kare ni jisho o agemashita ka?
  2.     Yuk,, kemari saya telah memberi Gede Mangku Passport = Ayu san,,kino watashi wa Gede Mangku san ni pasupoto o agemashita.
  3.     Dua hari  lalu saya telah membuatkan dia layangan = Ototoi watashi wa kare ni tako o tsukutte agemashita.
  4.     Saya akan menuliskan adik surat = Watashi wa imoto ni tegami o kaite agemasu.
  5.     Saya akan memcucikanmu baju = Watashi wa anata ni fuku o arattemasu.
  6.     Mohon anda jangan memberi pengemis itu uang = Anata wa ano furosha ni okane o agenaide kudasai.
  7.     Karena kemarin saya telah memberikannya (lk) uang, mohon hari ini jangan beri lagi = Kino watashi wa kare ni okane o agetta kara, kyou mata agenaide kudasai.
  8.     Karena kemarin anda telah libur, mohon jangan libur lagi = Kino anata wa mou yasunda kara, mata yasumanaide kudasai.
  9.     Setelah sampai di rumah mohon di pelajari lagi = Uchi ni tsuite kara mata benkyou shite kudasai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar