expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 26 Januari 2015

Sekarang di kelas bahas bab - 6 Pola kalimat untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi atau telah dilakukan.

Sekarang di kelas bahas bab - 6 Pola kalimat untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi atau telah dilakukan.

Formula :
1,2,3,4,5 kk.ben-i + mashita.

Contoh :

1. Tadi saya telah membayar listrik di kantor pos bersama bapak = Saki Watashi wa chi-chi san to Yubin Kyoku de denki o haraimashita.
2. Kemarin saya telah olah raga di Taman Lumintang = Kino watashi wa Lumintang ko'en o undo shimashita.
3. Karena di rumah tidak ada Aqua, barusan kakak saya membelinya = Uchi ni Aqua ga nai kara, ima saki watashi no onesan wa Aqua o kaimashita.
4. Meskipun saya telah mencuci motor ini, karena masih kotor, kakak saya akan mencucinya lagi = Watashi wa kono baiku o mou arattemo, mada kitanai kara, watashi no onesan wa mata araimasu.
5. Saya telah menemuinya = Watashi wa kare ni aimashita.
6. Dia telah menyiram bunga ini = Kanojou wa kono hana o mizu o yarimashita.
7. Saya telah membeli kamus seperti ini seminggu lalu = Ishukan mae watashi wa konna jisho o kaimashita.
8. Bayi itu telah lahir = Ano akachan wa umarerimashita.
9. Saya telah jalan2 sama mas Oji di Kuta malam minggu lalu = Mae no doyoobi no yoru Watashi wa Oji san to Kuta o sanpo shimashita.
10. Saya telah beli spidol tapi dia beli spidol lagi = Watashi ga majiku o kaimashita ga, kare wa  mata majiku o kaimasu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar