expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 16 Desember 2015

SEKARANG DI KELAS SEDANG BELAJAR BAB 10 TENTANG MEMBERI BARANG ATAU JASA

BAB 10 MEMBERI BARANG ATAU JASA

 

D                      D/L                               L
1                      2                                  3

Saya                 Anda/Kamu                   Dia lk/pr

Kami                 Anda sekalian                Rudi

Kita                                                      Orang itu

 

Pembicara         pendengar                     orang yang dibahas

 

Keterangan:

D: Orang dalam

L: Orang luar

B: Barang

J: Jasa

 

Dari Dalam ke Luar

Peluang menggunakan ageru

1 --> 2

2 --> 3

3 --> 3

 

 

Rumus:

1.       Pemberian berupa jasa

D wa L ni B o KK ben Te + Ageru / Sashi ageru

D memberi L jasa

 

2.       Pemberian berupa barang

D wa L ni B o + Ageru / Sashi ageru

D memberi L barang

 

Kapan menggunakan Ageru / Sashi ageru?

Ageru: Jika L status sosialnya setara dengan D

Sashi ageru: Jika L status sosialnya lebih tinggi daripada D

 

 

 

Contoh:

Contoh memberi barang

1.       Saya akan memberi anda rokok

Saya: watashi

Anda: anata

Rokok: tabako

Watashi wa anata ni tabako o agemasu

 

 

Contoh memberi jasa

2.       Saya akan membelikan anda rokok

Saya: watashi

Anda: anata

Rokok: tabako

Watashi wa anata ni tabako o katte agemasu

 

CONTOH LAIN:

1.              Saya telah memberinya (lk) kamus

Nya (lk): kare

Kamus: jisho

JAWABAN: watashi wa kare ni jisho o agemashita

 

2.              Saya telah menulis surat untukmu

Saya: watashi

Menulis: kaku

Surat: tegami

Mu: anata

JAWABAN: watashi wa anata ni tegami o kaite agemashita

 

3.              Apakah dia (lk) telah memberi wati bunga?

Dia (lk): kare

Bunga: hana

JAWABAN: kare wa wati san ni hana o agemashita ka?

 

4.              Apakah anda telah memberi budi hadiah?

Anda: anata

Hadiah: purezento

JAWABAN: anata wa budi san ni purezento o agemashita ka?

 

5.              Dia (pr) akan mencucikan budi baju

Dia (pr): kanojou

Mencuci: arau

Baju: shatsu

JAWABAN: kanojou wa budi san ni shatsu o aratte agemasu.

 

6.              Apakah anda telah memberi pastor lilin?

Anda: anata

Pastor: shimpi

Lilin: canderu

JAWABAN: anata wa shimpi ni canderu o sashi agemashita ka?

 


By: eLa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar