expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 23 Desember 2015

SEKARANG DI KELAS SEDANG BELAJAR BAB 13 TENTANG KEHARUSAN

BAB 13 MENYATAKAN KEHARUSAN

CIRI-CIRI: ... harus.... (positif)
              Apakah ... harus (tanya)


RUMUS:
1   2   3   4   5--> KK ben Nai i akhir diganti dgn
                                                      formal  kereba narimasen (positif)
                                                                kereba narimasen ka? (tanya)

                                                      informal:
                                                                 kya ikenai'n desu (positif)
                                                                 kya ikenai'in desu ka? (tanya)



CONTOH:
1. apakah saya harus potong tali ini dengan gunting?
   saya: watashi
   potong: kiru (KK1)
   tali: himo
   gunting: hasami
JAWABAN: watashi wa hasami de kono himo o kinakereba narimasen ka?

2. saya bulan 2 harus pergi ke jepang
   saya: watashi
   bulan 2: ni gatsu
   jepang: nihon
JAWABAN: ni gatsu watashi wa nihon e ikanakereba narimasen

3. saya harus bisa bahasa jepang
   saya: watashi
   bisa: dekiru
   bahasa jepang: nihon go
   JAWABAN: watashi wa nihon go ga dekinakereba narimasen

4. mas, saya sedang hamil, mas harus bertanggung jawab
   mas: oniisan
   saya: watashi
   bertanggung jawab: sekinin toru
   hamil: ninshin ni naru
   JAWABAN: oniisan, watashi wa ninshin ni natteimasu. oniisan wa
   sekinin toranakereba narimasen

5. karena di ladang tidak ada air minum, kamu harus bawa air minum sendiri
   ladang: hatake
   air minum: mizu
   bawa: motte iku
   kamu: anata
   sendiri: jibun de
   JAWABAN: hatake ni mizu ga nai kara anata wa jibun de mizu o motte ikanakereba narimasen

6. meskipun di sawah ada sarung tangan, anda harus pakai sarung tangan milik sendiri
   sawah: tanbo
   sarung tangan: tebukuro
   anda: anata
   pakai: tsukau
   sarung tangan milik sendiri: jibun no tebukuro
   JAWABAN: tanbo ni tebukuro ga attemo anata wa jibun no tebukuro o tsukawanakereba narimasen


by: eLa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar