expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 29 Desember 2015

SEKARANG DI KELAS SEDANG BELAJAR BAB 14 TENTANG SESUATU PERNAH / TIDAK PERNAH / APAKAH PERNAH DILAKUKAN / TERJADI

BAB 14
MENYATAKAN SESUATU PERNAH / TIDAK PERNAH / APAKAH PERNAH DILAKUKAN / TERJADI

RUMUS:
1   2   3   4   5--> KK ben. Ta + koto ga arimasu (positif)
                                              koto ga arimasen (negatif)
                                              koto ga arimasu ka? (tanya)
                                              koto ga arimasen ka? (negatif tanya)



CONTOH:
1. Saya pernah tour ke jepang
   saya: watashi
   tour: ryouko suru
   jepang: nihon
JAWABAN: watashi wa nihon ni ryouko shita koto ga arimasu.

2. Apakah kamu pernah menebar pupuk? bila pernah, akankah anda mengajarkan saya?
   kamu: anata
   menebar: maku
   pupuk: hiryou
   bila pernah:
   mengajarkan: oshieru
   saya: watashi
JAWABAN: anata wa hiryou o maita koto ga arimasu ka?, maita koto ga aru to, anata wa watashi ni oshiete kuremasu ka?

3. Maaf, saya tidak pernah panen (panen dengan cara petik). mohon tunjukkan saya cara panen.
   Maaf: sumimasen
   saya: watashi
   panen: tsumi toru
   tunjukkan: miseru
   cara panen: (KK ben i + kata) tsumi torikata
JAWABAN: sumimasen, watashi wa tsumi totta koto ga arimasen. watashi ni tsumi torikata o misete kudasai!

4. Saya tidak pernah memotong tali dengan arit
   saya: watashi
   memotong: kiru KK1
   tali: himo
   arit: kama
JAWABAN: watashi wa kama de himo o kitta koto ga arimasen

5. Saya pernah membelikan dia pr cincin.
   saya: watashi
   membelikan: kau
   dia pr: kanojou
   cincin: yubiwa
JAWABAN: watashi wa kanojou ni yubiwa o katte ageta koto ga arimasu.

6. Apakah kamu pernah menerima hadiah dari bos?
   kamu: anata
   menerima: itadaku
   hadiah: purezento
   bos: sacho san
JAWABAN: anata wa sacho san ni purezento o itadaita koto ga arimasu ka?

7. Meskipun anda pernah mengerjakan ini, anda harus berhati-hati
   anda: anata
   mengerjakan: yaru
   ini: kore
   berhati-hati: ki o tsukeru
JAWABAN: anata wa kore o yatta koto ga atte mo, anata wa ki o tsukena kereba narimasen


by: eLa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar