expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 03 Januari 2016

SEKARANG DI KELAS SEDANG BELAJAR BAB 15 TENTANG KEGIATAN BERSAMBILAN

BAB 15
MENYATAKAN KEGIATAN BERSAMBILAN

CIRI-CIRI: menggunakan 2 KK
               menggunakan kata sambil


RUMUS:
........ KK1 (ben i + nagara), ........ KK2
sambil

NB:
KK1   : KK yang letaknya tepat setelah kata sambil
KK2   : KK berikutnya

saya ngajar sambil merokok
         KK2                 KK1


RUMUS TAMBAHAN:
... KK1 (ben Ta + mama)
dalam kondisi



CONTOH:
1. Saya sedang nonton tv sambil makan
   saya: watashi
   nonton: miru
   TV: terebi
   makan: taberu
JAWABAN: watashi wa tabenagara terebi o miteimasu.

2. Dla lk sedang bekerja sambil belajar
   dia lk: kare
   bekerja: shigoto suru
   belajar: benkyou suru
JAWABAN: kare wa benkyou shinagara shigotou shiteimasu.

3. Bolehkan saya panen (petik) sambil dengar radio?
   saya: watashi
   panen (petik): tsumi toru
   dengar: kiku
   radio: rajio
JAWABAN: watashi wa rajio o kikinagara tsumi totte mo ii desu ka?

4. Meskipun anda pergi kesana sambil menelponnya (lk) sekarang, sudah tidak ada artinya
   anda: anata
   pergi: iku
   kesana: asoko
   menelpon: denwa suru
   nya (lk): kare
   sudah: mou
   artinya: imi
   sekarang: ima
JAWABAN: anata wa ima kare ni denwa shinagara asoko e ittemo mou imi ga arimasen

5. Sambil merokok sedang baca koran
   merokok: tabako suu
   baca: yomu
   koran: shinbun
JAWABAN: tabako suinagara shinbun o yondeimasu

6. Wanita itu sedang berdoa sambil menangis
   wanita: jousei
   berdoa: oinori suru
   menangis: naku
JAWABAN: ano jousei wa nakinagara oinori shiteimasu

7. aku sedang be'ol sambil merokok
   aku: watashi
   be'ol: unko suru
   merokok: tabako suu
JAWABAN: watashi wa tabako suinagara unko shiteimasu

8. tidak boleh nyetir sambil nelpon
   nyetir: unten suru
   nelpon: denwa suru
JAWABAN: denwa shinagara unten shitewa ikemasen

9. mohon jangan berdoa sambil bercanda
   berdoa: oinori suru
   bercanda: jama suru
JAWABAN: jama shinagara oinori shinai de kudasai


by: eLa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar