expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 16 Januari 2016

SEKARANG DI KELAS SEDANG BELAJAR BAB 19 TENTANG PENGANDAIAN

BAB 19
PENGANDAIAN


CIRI-CIRI: JIKA / KALAU / BILA / SEANDAINYA /

RUMUS:
1. KK ben mus + to
2. KK ben i + masu nara
jika akan KK

3. KK ben eba

4. KK ben Te + iru to (jika sedang KK)


5. KK ben i + mashita ra
6. KK ben ta + ra
jika telah KK

7. KB + datara
8. KSi (i akhir hilang) + kereba / katara
9. Ksna + nara


CONTOH:
1. Jika akan pergi ke jepang
   pergi: iku
   jepang: nihon
JAWABAN: nihon e iku to

2. Jika saya akan pergi ke jepang, saya harus membuat passport
   saya: watashi
   pergi: iku
   jepang: nihon
   membuat: tsukuru
   passport: pasuupooto
JAWABAN: watashi wa nihon e iku to, pasuupooto o tsukuranakereba narimasen.

3. Kalau saya akan keluar rumah, mohon anda jangan pulang.
   saya: watashi
   keluar rumah; dekakeru
   anda: anata
   pulang: kaeru
JAWABAN: watashi ga dekakeru to, anata wa kaeranai de kudasai!

4. JIka sedang belajar, sebaiknya jangan ribut
   belajar: benkyou suru
   ribut: abareru
JAWABAN: benkyoushiteiru to, abarenai hou ga ii desu.

5. Jika dia lk sedang tidur, mohon jangan dibangunkan
   dia lk: kare
   tidur: neru
   membangunkan: okosu
JAWABAN: kare wa neteiru to, okosanai de kudasai!

6. Kalau yamaguchi sedang panen, nggak datang kesini pun gpp
   panen: tsumi toru
   datang: kuru
JAWABAN: yamaguchi san wa tsumi totteiru to, koko ni konakutemo ii desu.

7. Kalau pergi kesana, sebaiknya memakai jaket
   pergi: iku
   kesana: muko
   memakai: kiru KK2
   jaket: jamba
JAWABAN: muko e ikeba, jamba o kita hou ga ii desu

by: eLa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar